Tugas sosiologi 2 : ketimpangan sosial

      Assalammualaikum semua saya kembali lagi Deh hehe🗿, kali ini saya akan membahas suatu ketimpangan nih gays, dan kali ini tema yg saya bawa dan yang akan saya bahas adalah ketimpangan ekonomi kota dan desa, baiklah tanpa banyak berbasa basi lagi saya akan mulai topik pembahasan.

     Ketimpangan ekonomi dapat di terima apabila kondisi tersebut merupakan hasil kerja keras dari masing masing individu. Ketimpangan ekonomi menjadi masalah apabila setiap orang tidak mampu memproleh awalan yang sama. Ketimpangan ekonomi akan menghambat laju pertumbuhan ekonomi dan mengekang masyarakat dalam jebakan kemiskinan.

      Apa ya yang menyebabkan terjadi nya ketimpangan ekonomi desa dengan kota🤔
Di lansir dari beberapa sumber yg saya ambil seperti tirto.id, kompas.com yang menyebabkan terjadinya ketimpangan ekonomi adalah karena :

1. Sumber daya
Karena jika sebuah daerah memiliki sumber data alam serta produksi yang melimpah, maka akan lebih tinggi status ekonominya. Sedangkan, wilayah SDA rendah akan tertinggal begitu pula dalam sisi individu, orang dengan ekonomi rendah akan lebih susah mendapatkan akses di bandingkan dengan individu dengan ekonomi atau tinggi.
2. Kemiskinan
Ketidakberdayaan suatu kelompok masyarakat dalam pekerjaan menimbulkan sebuah kemiskinan. Berbeda dengan orang orang perkotaan yang memiliki segala fasilitas untuk memberdayakan dirinya, sedangkan kelompok masyarakat desa akan semakin tersisi kan karena minimnya fasilitas.
3. Lapangan pekerjaan
Mata pencaharian merupakan aktivitas manusia untuk memproleh taraf hidup yang layak dimana antara daerah yang satu dengan daerah yg lainnya berbeda sesuai dengan taraf kemampuan penduduk dan keadaan demografi ya. Begitu pun dengan aktivitas mata pencaharian di desa dan di kota yang berbeda. 

     Pertanian, kehutanan perkebunan merupakan mata pencaharian di desa yang sangat bergantung pada iklim, topografi, kesuburan tanah, sangat di sayangkan banyak masyarakat desa yg sudah mulai kurang berminat dari pekerjaan ini dan memilih untuk pindah ke perkotaan sehingga menyebabkan melambatnya pertumbuhan ekonomi di desa, sedang kan di perkotaan, masyarakat kota berkerja sebagai buruh pabrik, buruh dan banyak lagi lainnya, tapi yang menjadi permasalahannya di perkotaan berupa padat nya penduduk karena banyak masyarakat desa yg berpindah ke kota dampaknya lapangan pekerjaan semakin sedikit.
Sekedar info: foto ini saya ambil sebagai contoh menggunakan google maps, dan daerah yg saya ambil adalah daerah desa mulyaharaja dan daerah perkotaan Bogor.

    Baiklah saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca yg sudah berminat membaca sampai akhir, saya akan tutup di sini kalo ada kata atau kalimat yg kurang meng enakan di Hati para pembaca saya mohon maaf setulusnya.

    Faktor struktural: karena pemerintah sangat berpengaruh dalam perkembangan kota dan desa.


Penjahit benang membawa peti,
Ibu Wahyuni menjahit kebaya,
Saya pamit untuk undur diri,
Terima kasih atas perhatiannya.

🏃Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar